Senin, 07 April 2008

lulus juga dari SMA....... dan?????

Hmmm…kelas tiga memang masa yang misterius…oh iyah,,, kelas tiga tuh kan masa penentuaan bakal ngelanjutin kemana kita ntarnya...mau ngelanjutin kuliah ato mo ato ngebantuin pekerjaan bapak-ibunya pada waktu itu, yakni sebagi pewaris jadi pedagang, petani, pelayan atopun yang lain- lain yang merupakan usaha keluarga….bagi yang punya keinginan dan motivasi buat terus ngelanjutin untuk kuliah,,,, biasanya di sekolah, tiap tahun selalu dapat jatah yang namanya pmdk, semacam program tawaran dari universitas- universitas negeri bagi siswa- siswi di sekolahku untuk bergabung mereka dengan suka rela dan dengan sumbangan yang pantas bagi calon kampusnya...yah yang bisa ndaftar di program ini hanya siswa- siswa tertentu ajah, siswa yang kuat…..kuat otaknya, kuat duitnya.....juga kuat keinginannya,, kuat motivasinya juga…kuat prestasinya selama di sma pastinya..hwewewew
hmm...kalo ga salah tawaran pmdk yang masuk ke sekolah waktu itu...ada dari unej yang emang selalu nerima pendaftar dari sekolah kita tiap tahunnya, ugm juga pernah masukin, unsoed, unesa, dll...
naah...tawaran tuh terus ama pihak sekolah di infokan ke siswa- siswi di sekolahan, baik diumumin ke kelas ato di tempel di depan ruang guru…. Hmm…waktu itu aku juga ditawarin buad ikutan pmdk,,,
jujur yah…..waktu itu, yang ditawari pertama kali untuk milih jurusan favorit, kaya di kedokteran unej, fkg unej benernya aku sama anis...nih yang utama loh...(temen- temenku yang udah keterima di unej lewat jalur pmdk jangan sinis yah dan marah ma aku yah,,,nikmati ajah, aku yakin itu juga jalan terbaik kalian)
tapi, waktu itu, tawaran itu masih aku pikirin dan kudiskusiin ma keluarga...
benernya pas di rumah,,,,babe seneng banget dan berminat banget ma program ituh...
babe nyuruh aku ndaftar di kedokteran Unej, yah namanya juga orang tua selalu pengen yang terbaik buad anak- anaknya...tapi, yang jadi masalah, aku ga sreg buad masuk di universitas itu...masalahnya yah,,,jujur gengsi waktu itu, masa aku kuliah di sana??masa aku yang sebagai putra pertama di keluarga,… kalah sama mbakku yang udah kuliah di kedokteran Unair Surabaya melalui jalur spmb???...(istilah waktu jaman mbakku umptn)...masa aku masuk lewat jalur pmdk yang ngabisin banyak duid dan kalah kelas ma universitas mbakku??? (nih...pemikiranku dulu lohh....universitas yang disebutkan jangan menuntut aku mencemarkan nama baik yah,,,,itu kan hanya pemikiran seorang remaja yang terobsesi oleh kakaknya, sekarang wdah ngga punya pemikiran ko.., karena sekarang aku punya moto dimana kita belajar disitulah sekolahku, dan semua orang yang aku jumpai adalah guruku….bagus ga???)hmm...akhirnya aku melepas kesempatan untuk kuliah di kedokteran unej, pilihan yang 95% pasti keterima....dan sebagai gantinya aku ngeberaniin daftar pmdk di ugm yang istilahnya waktu itu tuh pbud (penjaringan bibit unggul daerah), waktu itu aku pilih jurusan kedokteran gigi dan si anis waktu itu sepetinya punya pemikiran yang sama kaya aku...dia juga pilih ugm untuk pmdk-nya...dia kalo ga salah, daftar di ilmu gizi deh...
waktu berlalu sampai ada pengumuman dari universitas yang menawarkan pmdk/pbud...waktu itu aku bahagia sekaligus sedih....
bahagianya karena teman- temanku yang daftar di unej, baik kedokteran, kedokteran gigi, dan jurusan yang lainnya hampir semuanya keterima, yang di unesa juga demikian, 3 ilmu olahraga keterima, dan yang lainnya juga keterima, nah...sekarang nasibku ama anis....pihak sekolah akhirnya juga dapet surat dari ugm yang berbunyi..."maaf siswa yang bernama r. syaifuddin dan anis m. tidak diterima di ugm"....huhuhhuh sedi deh....aku ngerasa bersalah banget ma orang tua waktu itu...yang ada hanya penyesalan,,,,napa aku ga milih universitas yang kemungkinan besar aku bisa diterima???? penyesalan dan penyesalan yang meliputiku...
tapi...syukurnya, orang tuaku bijaksana banget,,,,mereka tidak marah dengan hasil itu...beliau malah bilang "mungkin belum waktunya....kan masih banyak jalan..."katanya....
salah satu caranya...aku ke surabaya untuk ikut bimbingan belajar intensive buad ngadepin spmb....hmmmm...dua bulan aku ikut bimbel di ssc surabaya,,,dan selama try out passing grade ga jelek- jelek amat...yaah salah satu bekal sukses spmb kelak pikirku waktu itu...
sampai akhirnya smpb dimulai... selama dua hari aku ikut spmb...dan sampai saatnya pengumuman di koran…aku liat nama dan nomer ujianku…ternyata tidak tecantum di koran…..”gagal deh” sesalku waktu itu….
Kasian banget yah nasibku…..bakal kuliah dimana ntar yah abis gagal di spmb???

Tidak ada komentar: