Selasa, 02 September 2008

Nuansa Ramadhan Bawean


Bulan puasa memberikan nuansa yang berbeda daripada bulan- bulan lainnya...di kota besar, tempat hura- hura ditutup selama bulan puasa, tempat lokalisasi juga sepi karena peraturan dari pemerintah, pokoknya tempat- tempat yang dekat pada syaitan wal iblis dilarang keras untuk dibuka seperti pada bulan yang lain...yaahh,,, semoga ajah ini berlanjut untuk selamanya....amiiin,,tapi, sayangnya pas aku lihat berita di telivisi, napa masih banyak manusia yang dikuasai setan...PSK masih berkeliaran, germo main ma PSK-nya...bingung,,,,moga2 ajah mereka2 di ramadhan kali ini dapet hidayah,,amiiinbaiklah...balik ke tema awal,,,napa aku masalahin nuansa puasa di kampung ma tempat aku tinggali saat ini???gini, udah empat taon aku idup di Jogja, tapi nuansa puasa kaya di kampung kurang aku rasain.,..naah,,,kalo di kampung,pas mo bangunin orang sahur, gag cuma lewat peneras suara di masjid ato di surau, tapi kalo di kampung tuh, ada istilah "tung-tung", sebenernya nih artinya adalah kentungan,,yaah mungkin dulu kalo mo bangunin orang2 dengan cara mukul2 kentungan kali yak...tapi, kalo sekarang istilah "tung-tung" telah meluas, alat yang digunakannya pun berubah, kalo dulu mungkin cuma peke kentungan sambil teriak2, ato berpantun, tapi sekarang sebagian besar dah make pengeras suara, peke "jidur" (drum gede yang dipake maeching band), terus pake alat2 yang bisa dijadiin alat musik lainnya,,naah biasanya tim yang membangunkan orang ini adalah pemuda2 dari satu kampung, terus mereka muter2 dari kampung yang satu ke kampung yang lain sambil berpantun, biasanya mereka mulai dari jam set 2 malem gitu...oiyyaah, hampir tiap kampung punya tim sendiri2 loh...ga jarang juga anak2 yang maasih SD bikin tim sendiri, pokonya lucu dah...
terus beda yang lainnya, kalo abis tarawih di jogja jarang aku dengerin ayat2 alqur'an membahana di langit,,,tapi kalo di kampung, abis tarawih, setiap malem, selalu dapet aku dengerin ayat- ayat suci alquran dari tiap masjid maupun surau.., betapa indah dan tenangnya kalo mendengar ayat- ayat suci tersebut ketika dihadiahkan kepada alam,,,subhanallah...
bedanya lagi...kalo dulu, pas aku masih bocah SD gitu, abis shalat subuh dari mesjid, hapir semua orang ga males2an buad tidur lagi, tapi mereka rame2 jalan santai, pergi ke pantai, dll,,,tapi sayangnya sekarang dah jarang aku lihat kebiasaan kaya gitu,,napa yah??

yang lainnya benernya masih banyak,,,tapi aga males mo ngetik lagi...hehehe

Tidak ada komentar: