Kamis, 29 Januari 2009

UGM Kembangkan KKN-PPM Berbasis Teknologi Informasi

UGM tengah berupaya meningkatan kualitas pelaksanaan program KKN-PPM, dengan mengembangkan sistem KKN-PPM berbasis teknologi informasi atau dikenal dengan e-KKN PPM yang diharapkan dapat dijadikan sebagai pengembangan model sistem aplikasi e-sistem berskala nasional dalam penerapan program pengabdian masyarakat.

Kepada wartwan, Rabu (28/1) di Kampus UGM, Bulaksumur, Sekretaris LPPM UGM, Dr. R. Wisnu Nurcahyo mengatakan perubahan paradigma pelaksanaan KKN UGM menjadi KKN-PPM dan ditunjuknya UGM sebagai koordinator KKN-PPM untuk seluruh Indonesia membawa konsekuensi bagi UGM untuk berinteraksi dengan berbagai stakeholder melalaui program KKN PPM berbasis teknologi informasi.

”Pengembangan e-KKN PPM ini menjadi penting untuk mendukung hal tersebut,” kata Wisnu.

Pengembangan e-KKN PPM tersebut, tandas Wisnu, LPPM UGM bekerjasama dengan Tim INHERENT dan selama dua hari 27-28 Januari 2009 melakukan sosialisasi dan diseminasi mengenai sistem aplikasi e-KKN PPM kepada 18 fakultas dilingkungan UGM, Pemda Se DIY dan Jateng serta kepada tujuh perguruan tinggi dari seluruh indonesia yang ditunjuk sebagai koodinator wilayah KKN-PPM UGM.

Kepala Bidang Pengelolaan KKN-PPM, Pengembangan UMKM dan Pelayanan Masyarakat LPPM UGM, Dr. Joko Prastowo, menjelaskan kegiatan sosialisasi untuk fakultas dan pemerintah daerah, diselenggarakan tanggal 27 Januari 2009. Sedangkan sosialisasi untuk tujuh simpul perguruan tinggi yang menjadi koordinator wilayah KKN-PPM yaitu Universitas Negeri Andalas Padang, Universitas Negeri Diponegoro Semarang, Universitas PGRI Adibuana Surabaya, Universitas 45 Makasar, Universitas Nusa Cendana Kupang, Universitas Padjajaran Bandung dan Universitas Negeri Tanjungpura, Kalimantan Barat dilaksanakan pada tanggal 28 Januari 2009.

Melalui kegiatan ini, kata Joko, diharapkan akan mampu meningkatkan awareness dan ketrampilan sivitas akademika di lingkungan Universitas Gadjah Mada, perguruan tinggi yang menjadi koordinator wilayah KKN-PPM dan Pemerintah Daerah di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dalam penguasaan e-KKN-PPM dan jaringan kerjasama antara UGM dengan Perguruan Tinggi dan Pemerintah Daerah melalui pelaksanaan KKN-PPM berbasis Teknologi Informasi.

Ketua Lembaga Pengabdian Masyarakat Universitas Nusa Cendana Nusa Tenggara Timur, Drs. Paul Isliko, M.Si yang menjadi salah satu peserta acara sosialisasi mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat untuk membantu peningkatan kerjasama dalam bidang pengabdian masyarakat di universitasnya dan menjalin jejaring KKN PPM untuk skala nasional.

”Secara teknis, program teknologi informasi yang dirancang cukup terinci dimana data-data dan informasi dapat dikumpulkan dan dimanfaatkan untuk untuk pengembangan kegiatan pengabdian masyarakat,” tegasnya. (Humas UGM/Gusti Grehenson)

sumber: http://www.ugm.ac.id/

2 komentar:

Anonim mengatakan...

mas copi paste dari UGM ya???

Sahip Syarifi mengatakan...

iya pak..kan saya cantumin sumbernya....berarti jelas itu dari ugm...hhaha